Penjelasan Lengkap dan Contoh Short Functional Text Dalam Bahasa Inggris

Berikut saya akan membeberkan Penjelasan Contoh Short Functional Text Dalam Bahasa Inggris buat temen-temen semua. Kita semua pasti sudah tahu bahwa Fungsional Text adalah tulisan yang dimaksudkan untuk membantu pembaca menyelesaikan tugas sehari-hari.


Contoh Fungsional Text yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah seperti RESEP MASAKAN, PETUNJUK JALAN KE TEMPAT WISATA atau LOKASI LAINNYA, Memberitahukan memo dari perubahan alamat perusahaan, atau waktu pembukaan sebuah toko; jadwal acara dan lokasi selama seminar; direktori alamat, nomor telepon atau alamat e -mail ;petunjuk sebuah tes; menu dari restoran; pamflet untuk memberitahu publik dari pembukaan, penutupan toko, atau penyitaan dan lain sebagainya.

Jadi Fungsional Text atau Teks Fungsional ini sering kita jumpai karena memang selalu digunakan untuk informasi sehari-hari.

Kenapa dinamakan FUNGSIONAL TEXT ?...  Dinamakan Fungsional Text adalah karena tulisan tersebut difungsikan untuk MEMBANTU PEMBACA  dalam melakukan sesuatu dalam kehidupan sehari-hari. 

Contoh sederhananya adalah, jika kita ingin membuat MIE RAMEN ala NARUTO, maka kita hampir pasti terpaksa harus membaca resep MIE RAMEN ala NARUTO karena ramen pasti masih sangat asing buat kita. Atau Jika saya ingin tahu nomor telepon teman saya, saya akan melihat dalam buku telepon. Jika guru bahasa Inggris saya memberi ujian, saya perlu membaca petunjuknya.

Beberapa Contoh functional texts yaitu:

  1. Announcements
  2. Food labels
  3. Cautions
  4. Advertisements
  5. Shopping lists
  6. Postcards
  7. Invitation cards
  8. Greeting cards
  9. Short messages
  10. Notices
   
  • Announcement
Announcement adalah biasa kita kenal dengan kata PENGUMUMAN jika dalam Bahasa Indonesia, ini berarti pernyataan penting atau resmi yang memberikan sebuah informasi orang-orang tentang sesuatu.   

Contoh announcement text:

School Announcements

ANNOUNCEMENT

There will be a flag ceremony next Friday to celebrate independence day. All students must wear white-grey uniforms. Be punctual!

Headmaster
To        : All grade X & XI Students

From    : Principal

Please choose one of the sports activities: swimming, football, basketball, volleyball or badminton. Report to your leader of the class the sport you choose.

A Wedding Announcement

Mr Affriyansyah Ekko Sarjono

And

Miss Ratna Purnamasari

Announce their marriage on Sunday, the sixth of December two thousand and ten

Chesterfield, Derbyshir


Outdoor Program Announcement

Weekend Outbound


Let’s have weekend outbound!

If you are the outstanding traveler, please join us on “Jalan Jalan Yuk”. It will be held on Sunday, 15 December 2014 in Lembah Hijau. The opening ceremony will be held at 8 a.m. If you are interested, please come and join us.

Contact us and register your group of five. Wear your jeans and green T-shirt. Don’t forget to bring necessary equipment’s, foods and drinks are provided by the committee.

The chairman,

George Soros

Contact Person: Paul Arwana (08512345678)
Jl. Merdeka Raya 45, Surabaya

Itulah  Penjelasan Lengkap dan Contoh Short Functional Text Dalam Bahasa Inggris yang pastinya sangat penting untuk dikuasai dan dipahami oleh temen-temen semua.

0 Response to "Penjelasan Lengkap dan Contoh Short Functional Text Dalam Bahasa Inggris"

Posting Komentar